Kamis, 28 Maret 2019

thumbnail

Memakai Behel Tak Timbulkan Dampak Psikologis pada Diri Seseorang


Salah satu hal yang kini dianggap sebagai asesoris bagi banyak anak muda adalah behel atau braket di gigi. Saat ini, banyak yang menggunakannya untuk alasan penampilan semata dan tidak didorong alasan kesehatan.

Memakai behel dianggap bisa membuat seseorang lebih percaya diri dan bahagia. Namun sebuah penelitian terbaru menepis anggapan yang banyak muncul ini.

Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian menyebut bahwa baik memakai behel atau tidak, seseorang tetap memiliki tingkat percaya diri dan kebahagiaan yang sama. Temuan ini diperoleh dari penelitian yang diterbitkan di jurnal Orthodontics and Craniofacial Research berdasar studi yang dilakukan terhadap 448 partisipan di Australia Selatan.

Pada awal penelitian ini yaitu sekitar 1988 dan 1989, para partisipan memiliki usia 13 tahun. Pada usia 30 di tahun 2005 dan 2006, sepertiga dari mereka mendapat perawatan ortodontis.

"Hasil penelitian ini mempelajari apakah menggunakan behel memiliki efek terhadap kegembiraan dan psikologis pada kehidupan. Terdapat pola dari nilai yang lebih tinggi secara psikososial pada orang-orang yang tidak mengalami perawatan ortodontis yang berarti bahwa mereka yang tak berbehel cenderung lebih optimis dibanding yang memiliki behel," ungkap Esma Dogramaci, profesor dari University of Adelaide.

"Mereka yang tidak dibehel memiliki masalah gigi tak beraturan yang sama seperti mereka yang dibehel, beragam mulai dari yang biasa hingga sangat parah," sambungnya.

Penelitian ini melihat empat aspek psikososial berupa seberapa baik seseorang mengatasi masalah lingkungan baru atau berbeda, seberapa besar pikiran mereka untuk merawat kesehatan diri sendiri, kepercayaan mereka tentang adanya dukungan dari lingkungan sekitar, serta tingkat optimisme tersebut.

"Indikator ini dipilih karena mereka penting untuk fungsi psikososial dan relevan dengan perilaku kesehatan dan hasil kesehatan. Dasar dari pertanyaan dalam penelitian ini merupakan dampak dari penggunaan behel pada seseorang terhadap percaya diri dan kebahagiaan di masa mendatang," jelas Dogramaci.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments