Sabtu, 03 Agustus 2019

thumbnail

7 Cara Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Service AC


Tanpa disadari perawatan AC secara rutin dan berkala dapat membantu pendingin ini dapat tetap awet dan tahan lama sehingga kondisinya selalu prima yang akan membuat Anda merasa nyaman. Sama halnya dengan berbagai jenis alat elektronik lainnya AC juga perlu dipelihara dan diservis secara berkala. Nah berikut cara mengetahui kapan waktu tepat untuk service AC

1. Servis Secara Berkala Tiap Tahun Sekali 

Jika AC Anda masih dalam keadaan normal, pastikan untuk selalu servis secara berkala setiap 3 tahun sekali. Namun jika AC Anda sudah menunjukkan tanda-tanda terjadinya kerusakan, ada baiknya Anda melakukan pengecekan dan servis 1 kali dalam setahun. Hal ini bertujuan agar AC dapat berfungsi dengan maksimal sehingga mampu menyejukkan ruangan rumah. 

2. Saat AC Sudah Mulai Kotor 

Selama mesin bekerja, AC akan membuat kotoran dan debu menumpuk pada bagian penting seperti kondensor AC dan filter udara. Bila tidak dibersihkan, hal ini akan menurunkan kerja AC sebanyak 5%. Tak hanya itu saja, hal ini juga akan membuat AC tidak mampu menyejukkan ruangan hingga suhu maksimal seperti saat bodi AC dalam keadaan yang bersih. 

3. Mencuci Kondensor AC Secara Berkala

Kondensor merupakan salah satu komponen AC yang memiliki peranan yang cukup penting. Kondensor sendiri bermanfaat untuk membuang debu dan kotoran sudah diserap oleh refrain melalui evaporator. Bagian kondensor yang kotor akan menghalangi udara yang masuk sehingga suhunya terus naik. Hal ini membuat AC tidak mampu mendinginkan secara optimal. 

4. Mengganti Filter AC Tiap Bulan

Tak hanya perlu menjaga kebersihan AC saja, ternyata filter AC juga perlu diganti secara rutin. Penggantian filter AC merupakan perawatan AC paling minimal yang bisa Anda lakukan. Untuk menjaganya agar dapat bekerja secara maksimal, pastikan Anda selalu mengganti bagian filter AC setidaknya satu kali setiap 30 hari atau satu hari dalam satu bulan. 

5. Menyervis AC Saat Mesin Berbunyi

Jika saat AC dinyalakan terdengar suara yang tidak biasa, hal ini menandakan jika bagian AC mengalami masalah dan Anda perlu segera lakukan service AC. Di samping itu, jika hal ini terjadi maka akan membuat AC tidak mampu mendinginkan ruangan secara maksimal. Jadi jika hal ini terjadi, pastikan untuk segera menghubungi layanan servis AC. 

6. Freon AC Bocor

Apakah Anda pernah merasakan udara yang keluar dari AC tidak dingin padahal Anda sudah merawatnya secara berkala? Pada umumnya hal ini disebabkan karena bagian freon AC yang bocor. Jika hal ini terjadi sayangnya Anda harus benar-benar mengetahui di mana titik tersebut mengalami kebocoran. 

Bahkan untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda membutuhkan seorang mekanik dengan pengetahuan yang luas dan beberapa alat khusus. Pasalnya kebocoran tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari pipa utama yang tersumbat, sambungan instalasi pipa yang mulai kendur, hingga adanya masalah pada bagian kapasitornya. 

7. Posisi AC yang Salah

Tahukah Anda jika posisi yang salah juga bisa menjadi salah satu faktor AC menjadi rusak. Hal yang satu ini biasanya sering dialami oleh orang yang memasang AC di rumah tanpa melibatkan orang yang sudah profesional. Posisi AC yang salah juga bisa menyebabkan kebocoran AC. 

Nah di atas merupakan beberapa tanda dan indikasi jika AC Anda harus segera diservis. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya Anda segera melakukan tindakan antisipasi dengan benar agar AC terhindar dari kerusakan. Salah satunya adalah dengan memanggil layanan jasa service AC yang berkualitas dari sejasa.com.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments