Senin, 05 Agustus 2019

thumbnail

Kupas Tuntas Mengenai Kredit Macet dan Cara Mengatasinya


Istilah kredit macet atau non performing loan (NPL) biasa digunakan untuk nasabah yang gagal dalam melakukan pembayaran pinjaman. Sistem secara otomatis akan mencatat riwayat gagal bayar para nasabah yang mana membuat mereka sulit mendapatkan pinjaman di kemudian hari. Baik pihak bank maupun nasabah akan sama-sama merugi bila di suatu bank itu banyak mengalami kejadian serupa. Dampak yang paling dirasa oleh nasabah ialah dia harus menanggung kewajiban berat kepada bank, sedangkan dampaknya bagi bank adalah kurangnya dana  yang mempengaruhi kinerja bank tersebut. 

Kredit macet (NPL) bisa dibilang sebagai indikator untuk melihat performa suatu bank. Jika NPL mengalami peningkatan yang pesat, maka bank tersebut dikategorikan bermasalah. Dilansir dari CNN Indonesia, rasio kredit bermasalah gross perbankan pada Februari 2018 mengalami kenaikan menjadi 2,88 % dari sebelumnya yang hanya 2,59% di akhir tahun 2017. Memasuki Februari 2019, rasio kredit macet turun kembali menjadi 2,59%. Ketidakstabilan rasio ini mengakibatkan segala usaha bank seperti menambah dana cadangan sia-sia. Justru dengan penambahan dana tersebut, mengakibatkan bank kekurangan laba. 

Apa Penyebab Kredit Macet?

Penyebab terjadinya kredit macet bisa dilihat dari dua sudut pandang yaitu internal dan eksternal. Faktor internal sendiri merupakan faktor yang terjadi akibat kesalahan dari pihak bank yang kurang teliti dalam menentukan layak tidaknya calon nasabah menerima kredit. Selain itu, lemahnya sistem administrasi dan informasi kredit, serta penyimpangan prosedur kredit menjadi masalah yang tidak bisa ditoleransi. 

Tak hanya pihak bank saja yang mengakibatkan terjadinya kredit macet, namun faktor eksternal dari nasabah juga menjadi penyebabnya. Kerugian bisnis seorang nasabah, tingginya suku bunga bank, hingga menurunya kegiatan ekonomi mengakibatkan kredit macet yang menuntut Anda untuk tidak lengah dan dan segera mencari jalan keluar. 


Cara Mengatasi Kredit Macet

Ketika Anda mengalami kredit macet, ada baiknya untuk segera menyelesaikan dan jangan ditunda-tunda agar tidak menimbulkan kerugian besar untuk Anda maupun bank. Perundingan antara pihak bank dan nasabah biasa dilakukan dengan 4 metode untuk mencari jalan keluar, yaitu:

1. Rescheduling

Penjadwalan ulang dari pihak bank kepada nasabah dalam membayar utang kreditnya menjadi cara utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kredit macet. Tujuannya sendiri agar para nasabah bisa merencanakan kembali masa pengembalian pinjaman dana dengan waktu yang relatif lama. Meskipun cara ini dianggap efektif, namun tidak semua nasabah bisa mendapatkan reschedule jadwal. Hanya nasabah dengan kriteria tertentu saja yang berhak mendapatkan reschedule tersebut.

2. Reconditioning

Perubahan kondisi berupa kebijakan yang harus dipenuhi oleh nasabah merupakan salah satu cara untuk mengatasi kredit macet. Kebijakan ringan dari pihak bank dimaksudkan untuk meringankan beban nasabah dalam membayar kredit. Mulai dari menurunkan bahkan membebaskan nasabah dari bunga tunggakan, hingga penundaan pembayaran bunga sampai waktu yang ditentukan oleh pihak bank.

3. Restructuring

Penataan kembali dengan melakukan penambahan dana atau melakukan perubahan kepemilikan seluruh kredit menjadi equity perusahaan. Metode restructuring bisa digunakan oleh dua belah pihak secara langsung tanpa melalu tahap rescheduling dan reconditioning.

4. Jalur Litigasi

Jalur litigasi menjadi metode penyelesaian akhir dari kredit macet bila kedua belah pihak tidak mencapai kata sepakat. Setidaknya pihak bank bisa membawa permasalahan tersebut ke pengadilan negeri (berdasarkan hukum Pasal 1131 KUH Perdata), pengadilan niaga, dan melapor ke polisi bila nasabah memberikan data fiktif. 

Risiko dari kredit macet sangatlah banyak, sehingga bagi Anda yang tidak paham betul akan kredit macet lebih baik untuk berhati-hati. Selalu sigap bila merasa memiliki gejala kredit macet, dan jika sudah terjadi Anda harus menyelesaikannya secepat mungkin. Informasi lebih lanjut mengenai kredit macet bisa juga dibaca melalui laman situs https://www.cekaja.com/kredit/news/129601-ini-langkah-langkah-yang-dilakukan-bank-terhadap-kredit-macet.html.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments