Senin, 23 September 2019

thumbnail

Promosi Kreatif, Menentukan Hasil Selanjutnya


Cara promosi bisa mempengaruhi popularitas dan daya beli terhadap suatu brand atau produk. Maka tidak heran jika Anda memperhatikan, banyak iklan di televisi atau media lain yang semakin kreatif kemasannya. Hal ini dilakukan demi mendapatkan perhatian dari pasar, sehingga target pasar tertarik hingga memutuskan pembelian. Promosi kreatif ini dilakukan melalui kerjasama dengan creative agency. Mereka akan meng-handle proses promosi kreatif hingga menjadi sebuah iklan, mulai dari pesan apa yang ingin Anda sampaikan, target pasar yang harus menyesuaikan dengan genre iklan, dan lain-lain. Sudah banyak creative agency yang eksis saat ini dan beberapa di antaranya berhasil membuat iklan populer hingga tak jarang tagline atau gimmick iklan ditirukan dalam kehidupan sehari-hari.

Carilah creative agency yang bisa merpresentasikan produk Anda dengan baik sekaligus mengemasnya dalam bentuk kreatif. Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam bekerjasama dengan creative agency.

1. Pikirkan Hal-Hal Mendasar Tentang Produk Anda

Berpikir ulang mengenai latar belakang penciptaan produk bisnis Anda menjadi hal dasar pertama yang harus Anda sadari kembali. Mengapa akhirnya Anda memutuskan membuat produk atau bisnis tersebut, apa yang ingin Anda sampaikan pada publik, manfaat apa yang ingin Anda berikan pada khalayak atas adanya produk Anda, dan kepada siapa produk Anda dipasarkan atau pasar seperti apa yang ingin Anda dapatkan. Hal-hal esensial tersebut bisa memudahkan Anda untuk menyampaikan keinginan Anda dalam membuat format promosi, juga memudahkan creative agency untuk memiliki patokan yang jelas tentang bagaimana harus mengemas produk Anda secara kreatif dalam sebuah iklan.

2. Cari Creative Agency yang Tepat

Sebelum Anda memutuskan kerjasama dengan salah satu creative agency, biasanya meeting akan dilakukan sebagai perkenalan awal. Proses awal ini menjadi cara Anda mengetahui profil mereka lebih detil. Mereka akan mempresentasikan seluk beluk perusahaan, jumlah klien dan dari segmen apa saja, hingga berbagai macam divisi di perusahaan mereka yang sekiranya dapat mencerminkan kredibilitas perusahaan creative agency bersangkutan. 

Memilih creative agency yang berpengalaman lebih menjamin kepuasan Anda, karena mereka lebih mungkin untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kiranya muncul saat proyek berjalan. Saat ini telah banyak creative agency berbentuk startup yang bisa menjadi pilihan. Jika Anda menemukan kecocokan dengan startup kreatif tersebut, tidak perlu menutup kemungkinan untuk berkolaborasi.

Pastikan pula Anda telah meninjau review dari klien tentang perusahaan. Hal ini akan membuat Anda lebih yakin untuk mengambil jasa mereka atau cari lagi yang lain.

3. Saling Memahami dengan Creative Agency

Apakah Anda sudah menemukan creative agency yang cocok untuk Anda, dapat diketahui dari kualitas komunikasi Anda dengan tim bersangkutan. Nyambung ketika berkomunikasi, ide mereka dapat Anda terima dengan baik, dan frekuensi komunikasi yang baik tentang perkembangan project dapat menjadi tanda-tanda kecocokan Anda dengan creative agency. Saling keberpahaman diperlukan agar terhindar dari kekecewaan satu belah pihak. Oleh karena itu, pastikan Anda juga berkomunikasi dengan baik kepada tim creative agency yang meng-handle proyek iklan Anda, dan memudahkan pekerjaan mereka dari sebelum deal hingga proses pembuatan iklan selesai.

Setelah kerjasama dan promosi kreatif melalui iklan dilakukan, tinjaulah umpan balik (feedback) dari pasar Anda. Apakah jumlah pembelian Anda meningkat? Apakah eksposur Anda juga meningkat, yang berarti produk Anda semakin dikenal masyarakat? Selamat melakukan promosi kreatif Anda!

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments