Senin, 09 Maret 2020

thumbnail

4 Keuntungan Bisnis Online B2B Indonesia


Saat ini bisnis secara online tampak menjadi bisnis yang menggiurkan dan memiliki peluang besar. Ada banyak sistem bisnis online yang marak di kalangan para pebisnis di Indonesia, salah satunya sistem online B2B Indonesia. B2B merupakan singkatan dari business to business, dimana sistem penjualan online ini adalah aktivitas antara perusahaan dengan perusahaan atau pebisnis dengan pebisnis, bukanlah pebisnis dengan konsumen. 

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk berbisnis online B2B, berikut beberapa manfaat bisnis B2B yang bisa Anda dapatkan.


Keuntungan bisa lebih besar

Sistem penjualan B2B merupakan transaksi penjualan antara Anda dengan reseller. Jika transaksi dengan konsumen, maka biasanya mereka hanya akan membeli produk dengan jumlah yang sedikit. Namun lain halnya dengan reseller. Anda bisa menentukan minimum pembelian reseller tersebut membeli barang Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih besar hanya dalam satu kali transaksi penjualan. 


1. Memiliki pembeli tetap

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari sistem online B2B Indonesia adalah Anda bisa memiliki pembeli tetap. Para reseller yang membeli produk Anda tentu tidak akan membeli hanya sekali saja. Berbeda dengan konsumen, mereka akan kembali membeli produk Anda setelah produk yang mereka beli habis terjual. 

Dengan ini, maka ketika Anda telah mendapatkan satu reseller, ia sudah menjadi pembeli tetap Anda. Dengan ini Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan promosi karena pembeli Anda akan selalu kembali lagi nantinya.


2. Peluang bisnis lebih besar

Saat ini peluang bisnis untuk melakukan sistem penjualan B2B terbilang masih besar. Hal ini karena kebanyakan pebisnis yang ada saat ini masih lebih menyasar produk-produk mereka untuk para konsumen. 

Sementara untuk pasar bisnis B2B yang menyasar penjual atau perusahaan lain tampaknya masih belum memiliki banyak pesaing. Ini membuat peluang bisnis dengan sistem penjualan B2B memiliki prospek yang lebih besar karena belum terlalu banyak pebisnis yang bergelut di pasar ini. 


3. Efektif dan Efisien

Umumnya dalam transaksi jual beli dengan sistem B2B, Anda dan pembeli Anda sudah menyepakati kerjasama di awal perjanjian untuk masalah harga dan hal-hal lainnya. Ini bisa lebih membuat bisnis Anda lebih efektif dan efisien dibanding jika Anda melakukan sistem penjualan kepada konsumen, dimana mereka mungkin akan melakukan negosiasi harga terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli dan ini tentu bisa memakan waktu Anda. Maka, sistem penjualan B2B bisa dibilang lebih efektif dan efisien dari segi waktu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan sistem penjualan B2B. Dengan berbagai manfaat  tadi, sebaiknya Anda segera mencari tahu berbagai strategi dan bisnis seputar online B2B Indonesia dan segera menjalankan bisnis ini. 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments