Selasa, 24 Maret 2020

thumbnail

Inilah Berbagai Penyakit yang Dapat Ditangani Oleh Dokter Umum


Masalah kesehatan yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan gejala yang dirasakan. Jika seandainya kondisi kesehatan yang dialami tersebut cukup general atau umum. Maka untuk pengobatannya sendiri dalam dilakukan pada dokter umum, tidak perlu datang ke dokter spesialis. Karena ia dikenal juga sebagai layanan dokter tingkat pertama, sebelum nantinya dirujuk ke dokter spesialis jika seandainya kondisi kesehatan yang dialami lebih berbahaya lagi.

Hampir setia rumah sakit atau fasilitas kesehatan pastinya akan dibekali oleh tenaga medis yang satu ini, karena mereka memang dijadikan sebagai tempat rujukan pertama pengobatan dan jumlahnya sendiri biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan dokter spesialis. Karena mereka nantinya akan memberikan berbagai macam layanan atau keahlian, mulai diantaranya adalah keahlian di bagian anamnesis, kemudian juga pemeriksaan fisik secara umum. Meresepkan obat-obatan pada keluhan yang dialami oleh pasien tersebut, pemberian konseling atau edukasi, sampai dengan tes-tes penunjang kepada pasiennya.

Mereka juga memiliki kemampuan dalam melakukan manajemen sumber daya fasilitas yang ada di tempat kerjanya. Lalu sebenarnya, masalah kesehatan atau penyakit apa sajakah yang dapat ditangani oleh bagian dokter yang satu ini? berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Infeksi saluran pernapasan, kondisi kesehatan yang sering kali dialami oleh pasien, sehingga menyulitkan mereka untuk bernapas bahkan terkadang juga menelan. Seperti diantaranya adalah amandel, kemudian juga flu, radang tenggorokan sampai dengan laringitis.
  2. Penyakit pada paru-paru, khususnya adalah penyakit yang masih umum, seperti diantaranya adalah paru-paru basah, kemudian juga TBC, asma sampai dengan bronkitis akut. Sedangkan untuk masalah paru-paru yang sudah menyebabkan terjadinya komplikasi atau lebih serius lagi dipercayakan penanganannya kepada dokter spesialis.
  3. Mabuk perjalanan, hal sepele namun sering kali dialami oleh beberapa orang dan sangat menganggu mereka.
  4. Demam, peningkatan suhu tubuh atau demam sebenarnya adalah reaksi tubuh untuk melawan benda asing atau kuman penyebab penyakit, bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor.
  5. Sakit kepala, mulai diantaranya adalah kondisi seperti migrain sampai dengan vertigo.
  6. Tekanan darah tinggi atau hipertensi, jika kondisinya masih cukup normal belum sampai mengalami komplikasi yang serius maka dapat dipercayakan penanganannya ke dokter ini.
  7. Penyakit yang berhubungan dengan mata layaknya mata kering ataupun juga konjungtivitis.
  8. Insomnia, gangguan tidur yang sifatnya masih belum parah.
  9. Infeksi pada bagian telinga.
  10. Masalah yang berhubungan dengan pencernaan, yaitu diare, asam lambung, konstipasi sampai dengan gastritis.
  11. Penyakit tifus atau demam tifoid.
  12. Alergi pada makanan hingga intoleransi makanan, sampai dengan keracunan makanan.
  13. Infeksi-infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri sampai dengan parasit.
  14. PMS atau penyakit menular seksual layaknya gonore.
  15. Masalah yang berhubungan dengan metabolik, yaitu asam urat, kolesterol yang tinggi, obesitas sampai dengan diabetes melitus.
  16. Anemia yaitu kondisi ketika tubuh kekurangan sel-sel darah merah.
  17. Penyakit pada kulit, terkena biduran, kutu, kudis, dermatitis kontak, infeksi jamur dan sejenisnya.
  18. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih.

Banyak memang masalah kesehatan yang untuk penanganannya sendiri dapat dipercayakan kepada dokter umum. Biasanya jika dokter tersebut sudah tidak bisa mengatasi maka akan dirujuk kepada dokter spesialis, apalagi jika seandainya kondisinya juga sudah lebih serius. Bahkan dari segi tarif atau biayanya memang lebih murah dibandingkan dengan dokter spesialis.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments